Uncategorized

….

Aku pernah mendengar, salah jika kita tancapkan bendera di atas gunung, siapa yang akan lihat. Tancapkanlah bendera di tepi pantai, biarkan para pelaut hebat tahu bahwa ini daerah di bawah kuasa kita. Aku sendiri beberapa kali mendaki sebuah gunung, ada kebanggaan tersendiri jika sampai di atas puncak dan kembali dengan selamat, namun rasanya itu tidak ada bandingannya dengan pelaut yang berani mengarungi samudera. Gunung bagaimanapun adalah tanah, tempat kita dapat hidup, makan, dan kembali. Samudera sejauh mata memandang adalah air, dengan gelombang yang tinggi, kadang badai menerjang, dan hanya dek kapal yang dapat dipijak.

Tantangan itu mungkin cerita lama, saat ini kapal sudah semakin besar, dengan lapisan baja siap menerjang gelombang bagaimanapun besarnya. Tapi tetap prinsip bahwa bangsa yang menguasai lautan adalah bangsa yang menguasai seluruh dunia masih berlaku.

Ingatanku kembali pada masa kejayaan maritim nusantara, andaikan ketika itu kekuasaan bangsa Nusantara sampai di daratan eropa, akan berbeda sejarah umat manusia. Sayang ketika itu bangsa eropa yang terlebih dahulu menerjang samudera dan memiliki senjata hebat yang kita sebut ‘meriam’ diambil dari kata ‘maryam’ ibunda Nabi Isa. Munculah imperialisme di tanah Nusantara, suatu yang menghisap banyak kekayaan bangsa. Mungkin suatu saat kejayaan nusantara bisa bangkit, dengan persenjataan perang yang kuat bukan untuk menawarkan perang tapi menawarkan perdamaian.

Maka beruntunglah kau yang hidup dengan deburan ombak, yang kuat menyelami dalamnya laut. Mari berjuang mengembalikan kejayaan Nusantara tempo dulu.

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s